Tuesday, August 28, 2007

Menggabungkan Law of Attraction dan EFT / S-EFT

Setelah menonton film The Secret tentu kita semakin yakin akan adanya Law of Attraction (LoA). Bahkan sebagian dari kita sudah membuktikan kedahsyatan LoA baik untuk hal-hal yang ‘kecil’ maupun hal-hal yang ‘besar’. Tapi bagi sebagian yang lain mungkin masih bertanya-tanya benarkah saya bisa memanfaatkan LoA untuk mencapai kesuksesan? Lha wong saya sampai saat ini banyak keinginan saya yang belum kesampaian.

Satu hal yang mungkin sedikit kita abaikan dalam menerapkan LoA untuk mewujudkan impian-impian kita adalah kondisi mental dan emosi kita. Dan ngomong-ngomong tentang emosi, kita akan teringat dengan Emotional Freedom Technique (EFT) atau yang di Indonesia dipopulerkan dengan nama Spiritual-EFT (S-EFT).

Barangkali yang selama ini kita dengar, EFT sangat efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit, baik penyakit mental dan fisik dengan hasil yang menakjubkan. Nah, apa hubungannya EFT dengan LoA? Mungkinkah kita mengkombinasikan EFT/S-EFT dengan LoA untuk mewujudkan cita-cita kita.

Seperti saya kemukakan diatas, bahwa LoA sangat bergantung pada kondisi mental / emosi kita. Jika mental dan emosi kita cenderung negatif maka LoA akan manarik hal-hal yang negatif dalam kehidupan kita. Agar bisa mewujudkan impian kesuksesan kita, kita dituntut untuk selalu punya mental dan emosi yang positif. Nah disinilah kita bisa memanfaatkan EFT untuk selalu mengkondisikan mental dan emsosi kita dalam keadaan yang selalu positif.Ini sejalan dengan pesan pendiri EFT yang selalu menyatkan "Try it (EFT) on everything!"

Berikut ini contoh yang sedang saya coba aplikasikan dalam mengkombinasikan LoA dan EFT. Seperti yang kita baca dalam buku maupun film The Secret, ada Creative Process dalam menerapkan LoA yaitu Ask, Believe, Receive, dan ada Powerful Process: Visualization dan Gratitude. Dalam tahap-tahap penerapan LoA tersebut, pada intinya kita diminta untuk menyampaikan apa benar-benar kita inginkan, kemudian meyakininya, bersyukur dengan apa yang sudah ada, dan terus fokus pada apa yang kita inginkan bukan pada apa yang tidak diinginkan.

Masalahnya kadang kita sendiri takut mengungkapkan keinginan kita sebenarnya. Contoh saja saat ini saya baru punya bisnis senilai 50 Jutaan Rupiah, dan saya menginginkan punya bisnis senilai 10 Milyar Rupiah. Apa yang terjadi dalam benak saya, kadang dan sering muncul konflik batin: benar nggak saya bisa memiliki bisnis 10M? Siapa sih saya ini koq berani-beraninya mimpi punya bisnis 10M? Bagaimana mungkin saya bisa punya bisnis 10M? Dan banyak keraguan dan ketakutan lainnya.

Dengan EFT kita bisa menghapus keraguan dan ketakutan tersebut.Sehingga kita bisa yakin dan nyaman dengan tujuan kita yang tinggi. Sehingga diharapkan LoA bisa mewujudkan impian kita dengan lebih mantap.

Dengan contoh diatas, kita bisa buat Statement Phrase dalam EFT seperti:

"Meskipun saya tidak tahu bagaimana cara mewujudkan bisnis 10M, saya ikhlas dan saya pasrah"

atau bisa kita pakai metode Choice-nya Dr Patricia Carrington :
"Meskipun saya tidak tahu bagaimana cara mewujudkan bisnis 10M, saya memilih untuk menemukan cara-cara yang kreatif untuk mewujudkannya"

Dalam tahap Believe, kita juga bisa mengalami ketidakyakinan dengan tujuan kita, kita bisa lakukan tapping dengan pernyataan :

"Ya Alloh, meskipun saya tidak yakin bisa memiliki usaha senilai 10M, saya ikhlas dan saya pasrah kepada-Mu ya Alloh"

Kemudian kita lakukan tapping sampai kita benar-benar merasa nyaman dengan tujuan kita. Lakukan terus setiap hari sampai keyakinan kita benar-benar ter-install dalam otak bawah sadar kita. Dan kalau keyakinan sudah berubah, tentu tindakan akan berubah, dan hasilnya juga ikut berubah.

Demikian salah satu contohnya. Masalah nantinya terwujud atau tidak kita pasrahkan dan kita serahkan sepenuhnya kepada alam semesta (Alloh SWT) untuk memberikan yang terbaik kepada kita.

Dan satu hal yang menarik dalam EFT adalah teknik EFT sangat fleksibel dan bisa digabungkan dengan teknik-teknik lainnya seperti NLP, Hypnoterapi, Afirmasi, dan lain-lain. Kita bisa memanfaatkan EFT untuk mengeliminasi segala bentuk keraguan, ketakutan, rasa tidak PD dalam setiap tindakan kita untuk mewujudkan impian kita.

Semoga bermanfaat.

Salam
Fuad Muftie
http://fuadmuftie.wordpress.com

0 comments: