Monday, September 10, 2007

AFIRMASI VS LOA (DARI MILIS MONEY MAGNET)

PERTANYAAN
Di artikel Pak Adi Why Affirmation Fails dituliskan bahwa "Tulis
afirmasi dengan kalimat positip dan sekarang, jelas atau spesifik, dan
tanggal pasti kapan anda ingin mencapai goal anda"

Ada kata "Sekarang" dan "Tanggal pasti".

Nah... di buku BaMM (lupa di hal. brp, saya ga bawa bukunya)
dijelaskan bahwa sebaiknya tidak menggunakan kata "Sekarang" atau
"Sudah" karena akan ada penolakan dari Subconscious jadi sebaiknya
menggunakan kalimat "Kondisi ... ideal saya" atau "Saya dalam proses
mencapai ...".

Lalu yg kedua, di beberapa literatur yg saya baca tentang LoA,
sebaiknya tidak menentukan tanggal pastinya karena Universe akan
memberikan yg terbaik buat kita dan pada waktu yg tepat, jadi
menentukan tanggal itu hanya akan membatasi kerja LoA.

Sebenarnya bagaimana hubungan Afirmasi dgn LoA?
Mohon pencerahan dari para master.

Lalu yg paling penting bolehkan saya menetapkan tujuan/target saya
"I will be a millionaire in 3 years from now"

Regards,
Robby Sidh.

TANGGAPAN
Di buku BaMM yg ditulis, kalo kita bilang sekarang/sudah akan ada
penolakan, kalau dilakukan dalam keadaan Beta (sadar). Jadi yg menolak
adalah RAS/filter kita. Tapi kalo kita lakukan dalam keadaan alfa/theta,
nggak ada masalah.

Di supercamp kita diajarkan untuk relaksasi, jadi bisa dalam keadaan
alfa/theta bahkan delta. Nah makanya dibuku BaMM kan dibilang, kalo buat
yg nggak ikut supercamp, katanya diubah sedikit jadi saya memilih,
memutuskan dll. Dan waktu melakukan affirmasinya waktu sebelum tidur
(sudah mau alfa).

Dari buku Piece of Mind - Sandy McGregor dikatakan bahwa pikiran bawah
sadar (gelombang otak alfa/theta/delta) , tidak bisa membedakan antara
kenyataan dan imajinasi. Contohnya mungkin kita pernah mimpi dikejar
anjing galak.. kita di mimpi kita lari sekencang-kencangny a, begitu
bangun... napas kita ngos-ngosan juga kan.

Nah makanya kita disuruh affirmasi/visualisa si/imajinasi dalam keadaan
alfta/theta/ delta. Di mana kita visualisasinya kita sudah mendapat semua
yg kita inginkan/affirmasik an. "Sudah terima uang 10 juta" misalnya. Nah
ini yg akan menjadi LoA. Dan juga harus jelas dan juga bebas dari mental
block, biar daya pancarnya makin kuat.

Dari beberapa buku yg saya baca, memang nggak selalu perlu dengan
deadline, tapi bisa juga kita kasih tanggal maksimal, jadi kalo terjadi
lebih cepat ya nggak apa2. Trus untuk menghindari kemelekatan kita harus
pasrah. Caranya adalah di akhir affirmasi kita tulis atau lebih baik,
bisa juga ditambah atau lebih cepat.

Mengenai target tanggal juga nggak semua orang cocok. Di buku
hypnotherapy, ada 2 tipe sugestibilitas, ada yg fisik ada yg emosi. Kalo
yg fisik, dikasih target/deadline nggak masalah, kalo yg emosi, dikasih
deadline malah nggak enak. Dan katanya 60% adalah tipe yg emosi.

Biar nggak bingung, kalo kita nggak nyaman dengan deadline (saya
termasuk orang ini), jgn dikasih deadline affirmasinya, tapi dikasih
alasan. Misalnya .. punya uang 10 milyar 3 tahun yg akan datang.. diubah
menjadi punya uang 10 milyar untuk beli rumah, untuk keluarga saya, atau
beli mobil untuk keluarga, untuk jalan2 bersama keluarga supaya kami
semua bisa bahagia.

Di bukunya The Attractor Factor - Joe Vitale, disebutnya, jalan pintas
menuju semuanya adalah being happy .. berbahagia. Karena kalo kita
pengen punya mobil.. buat apa coba.. ya buat kita seneng/bahagia kan,
punya rumah, kita bahagia, punya uang 10 milyar kita bahagia.. karena yg
dituju adalah bahagia, dan menjadi bahagia itu nggak perlu tunggu punya
duit 10 milyar dulu.. ya kita kalo udah bahagia, itu yg menjadi attactor
factor ya duit 10 milyarnya, rumahnya, mobilnya, kesehatan, dll.

Makanya kan di supercamp diajarin.. kita bahagia jgn dikondisikan oleh
faktor luar.. jadi saya bahagia kalo punya uang 10 milyar.. nah selama
itu belon tercapai ya kita nggak akan bahagia, tapi biar gampang, saya
bahagia karena saya memutuskan bahagia.. jadi nggak ada faktor luar..
atau saya bahagia bila saya tersenyum. Yg simpel2 aja.

Saya bukan master, sama2 masih belajar.. kalo anda tambah bingung.. ya
wajar aja.. saya sudah ikut supercamp, baca banyak buku, praktek, dan
sampai sekarang juga belon mengerti sepenuhnya he..he...

Jadi kalo merasa nyaman dengan affirmasi "I will be a millionaire in 3
years from now" itu anda merasa nyaman (nggak ada yg menentang dari
pikiran yg laen) ya oke2 aja. Cuma mungkin perlu diperjelas, kata Pak
Adi, pikiran bawah sadar seperti anak kecil.. yg dimaksud dengan
millionaire itu apa? punya uang berapa? 1 M, 2 M dalam rupiah, dalam USD?

3 years from now.. kalo itu diucapkan pada tanggal 1 agustus 2007
berarti 1 agustus 2010.. tapi kalo hal yg sama kita tetap ucapkan lagi
pada 1 september 2007, maka kita jadi milyunernya juga mundur 1 bulan
lagi dong... alias 1 september 2010. Mungkin kita bisa ubah jadi "Saya
memutuskan memiliki uang Rp. 10 milyar atau lebih baik paling lambat 1
september 2010. Atau Saya memutuskan memiliki uang Rp. 10 Milyar atau
lebih baik pada 1 September 2010 atau lebih cepat.

Nah untuk affirmasi, kata para pakar, jgn bikin jauh2.. kata Pak Adi,
maksimal 1 tahun aja. Atau affirmasinya dikecilin/didekatka n aja.. bisa
mulai.. "saya memutuskan memiliki uang Rp. 10 juta atau lebih baik
paling lambat tanggal 21 september 2007". sekarang tanggal 7 september
2007, berarti 2 minggu dari sekarang. Kalo kita tipe sugestibilitas
emosi, kita sebutkan alasannya kenapa kita mau punya uang 10 juta itu,
jadi bisa ditambahkan "untuk mengisi tabungan, atau untuk jalan2 bersama
keluarga, atau untuk membayar tagihan-tagihan saya.. atau untuk bayar
SuperCamp X di Puncak ha..ha...

Kalau kita ada di keadaan bawah sadar (alfta/theta/ delta), kita
hilangkan kata "memutuskan" nya. Dan kita juga bisa berterima
kasih/bersyukur karena sudah menerimanya .. (bawah sadar tidak bisa
membedakan imajinasi atau kenyataan)

Kalo ada yg salah, tolong dibenerin he..he..

Salam,

Budiharto

0 comments: