Wednesday, August 15, 2007

PERTANYAAN TENTANG VISUALISASI

PERTANYAAN
Saya alumni supercamp 7 ... saya ada pertanyaan, mudah2an teman2 dari alumni terdahulu bisa bantu... thanks

Sewaktu kita di theta, kita bisa afirmasi/visualisas i, apakah boleh visualisasinya setiap hari selalu sama atau tidak boleh, contohnya kalau saya visualisasi sebuah mobil, trus besoknya dan seterusnya visualisasi mobil lagi? Atau visualisasi yang lainnya? kalau kita tidak visualisasi/ afirmasi, trus kita ngapain aja? Rasanya kayak melamun aja dan tentu saja tidak dapat apa2 kan? Saya juga belum merasakan apa2 saat meditasi, tidak ada perasaan yang wah.. (wow effect)?

JAWAB
Hallo Paul..
Afirmasi yang sama..boleh dilakukan seminggu sekali.
dengan catatan afirmasi yang dilakukan sudah bebas dari 'mentalblok'
Sebenarnya saat afirmasi dilakukan di gelombang alpha /theta dan bebas dari mentalblok. Afirmasi tsb cukup hanya sekali.

Soal afirmasi yang berbeda..saya tidak tahu bedanya apa..
Kalau berbedanya MISAL..
hari ini afirmasi mau mobil Honda Jazz atau lebih baik..
Besok mau mobil CRV atau lebih baik..
Lusa mau mobil Kijang atau lebih baik...
Kalau seperti itu jelas afirmasi ngga jalan2..

Gambarannya seperti cerita ini :
ada seorang yang datang ke restoran untuk pesan makanan.
Setelah melihat menu dia memilih untuk memesan nasi goreng hongkong..
Ditunggu 5 menit tidak muncul dia merasa 'kok lama ya..'
Dan dia memutuskan untuk ganti, pesan yang lain aja yang lebih cepat..
'pelayan saya ganti, pesan nasi Rawon saja'
ditunggu 3 menit kok tetep ngga keluar juga..
dia putuskan ganti lagi "pelayan, saya ganti pesan nasi pecel'
Dan seandainya dia mau menunggu...dia akan mendapatkan nasi goreng hongkong sama waktunya bahkan lebih cepat dari nasi pecel.

Inti dari cerita adalah...saat kita memutuskan menginginkan sesuatu, dan dalam perjalanan mendapatkannya kita sudah ganti ingin yang lain, belum dapat lagi ganti lagi yang lain..
Afirmasi yang berikutnya mengacaukan afirmasi yang sebelumnya.

Soal meditasi...emmh..ide yang bagus..tunggu aja artikel nya ya.. :)
Meditasi yang terprnting bukan efek 'wow' nya.
Sebenarnya yang paling enting adalah efek setelah melakukan meditasi.
Apakah meditasi itu bermanfaat dalam kehidupan kita sehari hari?
Apa manfaatnya bagi saya setelah rajin melakukan meditasi.
Kalau saya pribadi efek 'wow' itu adalah bonus dari melakukan meditasi.
Tetapi tahap awal tidak penting lakukan saja..semakin kita inginkan efek wow itu..semakin tidak mendapatkannya...kenapa? karena saat meditasi pikiran kita akan 'lari-lari' untuk mencari efek 'wow' tersebut..padahal efek tersebut tidak bisa dicari..lakukan saja meditasi dengan benar ..maka akan datang sendiri.

Semoga berguna.
Salam,
Ely
ely@elysusanti.com/ely_moneymagnet@yahoo.com

0 comments: