Thursday, January 31, 2008

[Money Magnet] Akar Masalah

Dear Magneters,

Setelah beberapa saat saya menjalani profesi sebagai terapis. Saya sering mendengarkan orang menceritakan masalah-masalahnya. Dari cerita-cerita klien saya dan juga dari pengalaman pribadi saya sendiri. Saya menyimpulkan ada beberapa hal yang sering menjadi akar dari segala masalah kita. Yaitu:

1) Tidak menerima diri apa adanya.
Yang masuk kategori ini adalah jika kita sering berpikir demikian:
-Seharusnya bisa lebih baik lagi
-Kok ga seperti yang saya mau
-Kenapa hidup saya begini
-Kok utang saya ga lunas-lunas sih
-Pusing mikirin tagihan bulan depan

2) Punya masalah, tapi gak mau mengakui ada masalah.
Gak perlu dijelasin lah ya, kita semua tau soal ini. Biasanya terkait gengsi, takut dipandang lemah, atau berusaha mengingkari keadaan.

3) Tidak punya masalah, tapi merasa punya masalah.
Ini paling sering muncul di milis ini hehehe :p
-Mental block saya dicari-cari kok ga ada ya?
-Hidup saya kok datar-datar aja ya?

4) Terlalu melekat pada keinginan dan keakuan (ego).

JUJUR sebelum menulis email ini, saya sendiri sempat disinggahi rasa cemas mikirin tagihan bulan depan dan juga ada tunggakan premi nasabah. Biasalah, masih manusia Jeng hehehe...Tapi, itulah bedanya. Sekarang saya bisa menerima diri saya apa adanya. Lha wong emang keadaannya kayak gini terus mesti diapain dong? Yang penting kan usaha dan terus FEEL GOOD ^_^ Jadi, daripada melawan keadaan dengan terus khawatir, marah-marah atau cemas. Saya memilih menerima dan tersenyum bahwa saya masih punya kewajiban yang harus saya bayar dan penghasilan saya masih dalam proses untuk mencukupi segala kebutuhan dan membeli semua keinginan saya. Dan kemudian PLONG!!! Secara instan segala kenegatifan dalam diri saya lenyap dan saya bisa menulis email ini dengan perasaan sangat nyaman dan tenang ^_^ Dengan demikian saya telah menjawab cara mengatasi masalah yang pertama sekaligus yang kedua.

Bagaimana mengatasi masalah yang ke-3 dan ke-4? Salah satu caranya dengan Quantum Collapse yang sudah ditulis oleh Bos Andre ;-) Bukunya akan segera dipinjamkan ke saya dan akan saya pelajari. JANJI deh akan saya bagikan ke sini juga tips2nya nanti hehehe...Cara lain adalah dengan terapi atau dengan proses detachment yang pernah saya tulis.

Anda masuk kategori mana dari 4 poin di atas?

RUDI MULYONO ^^

0 comments: