Monday, February 11, 2008

Anchor + Sub-Modality

Assalamu'alaikum
Salam Power

Saudara,tepatnya satu minggu yang lalu saya menghadapi ujian Akhir Semeseter.Sebagaima na prilakunya mahasiswa,menghadap i detik-detik yang sangat genting seperti menggunakan jurus dan technique yang belum pernah diajarkan diseminar manapun.Tehniknya dalah SKS (sistem kebut semalam).SKS pasti dikenal oleh setiap insan yang pernah menduduki kursi kecil terbuat dari kayu atau besi.Disebelah kanannya ada lipatan meja kecil sebagai alasnya menulis...

Pertanyaannya, apakah tehnique ni ampuh...?jawabannya pasti..tapi temporary.Lantas bagaimana agar apa yang saya pelajari biar bisa membekas lama tidak hanya sehari (just in examination day)...?Alhamdulill ah,desember 2007 saya mengikuti pelatihan NLP .Disana diperkenalkan tehnik Anchor,saya coba gunakan anchor untuk mata kuliah yang diujiankan sebagai pengingat.It very wonderfull,its working.Untuk mengingatnya saya hanya perlu penjamkan mata dan menekan ujung jari saya....terus ditambahkan dengan suasana :tempat,visual, auditory (belajar dengan siapa) kinesthetic (melakukan apa ).Apa yang saya pelajari semalam lansung muncul.dan sekarang ada beberapa mata kuliah masih tetap bertahan jika saya menyentuh ujung jari saya.

So bagi anda yang masih dalam belajar (apapun),coba gunakan anchor sebagai penguat memory anda...
Oh ya,Sub-modlity juga sangat dahsyat lho....saya pernah dalam keadaan bad mood (bad state),mau membaca malas,menulis malas dan melakukan aktivitas apapun membuat saya jadi malas juga.Nah untuk merubah state ini saya gunakan Sub-modality, caranya :tutup mata,asosiasi kembali pada suasana sedang memberikan training ,lihat wajah antusias trainee,suara kegembiraan mereka,musik pembakit semangat,gerakan tubuh atau fisiology.

Begitu mata saya buka kembali,postur tubuh saya seketika berubah...sungguh power.Bagi rekan-rekan yang pernah mengikuti atau membaca tulisan para trainer NLP tentang tehnik-tehnik nya segera dipraktikkan, kemudian dishare,kalau ada yang kurang pasti akan ditambahkan oleh mereka-mereka yang lebih tahu dari kita (Iyakan Pak Hing dan Praktisi NLP..?)
"Repeatation is mother of skill" Anthony Robbins

Do It Now Or Never Forever
Rahmadsyah
Personal Development Trainer

0 comments: